Pages

Labels

My image

My image

About

Google Translate

Labels

Labels

back flip Pictures, Images and Photos
Powered by Blogger.

Followers

Search This Blog

March 16, 2010

Bahasa Inggris

Belajar bahasa inggris. . . uuuhhhh. Menyenangkan atau tidak ya?
Ya silahkan Anda jawab dan cari sendiri jawabanya. . .Giggle.

Sebenarnya belajar bahasa inggris itu asik kok asalkan kita tahu dan paham grammar (tata bahasa) yang baik dan benar. Sama seperti ketika kita ingin belajar sesuatu. Kalau kita mau jadi penyanyi ya mesti banyak berlatih bernyanyi. Sama halnya dalam belajar bahasa seperti bahasa inggris. Kita mesti banyak berlatih dalam grammar, structure sentences, speaking, reading, writing, listening, dan lain-lain. Kita tahu bahwa bahasa inggris adalah bahasa yang paling banyak digunakan ketiga didunia berdasarkan native speaker (penutur asli) dan bahasa yang paling banyak dituturkan kedua didunia setelah bahasa mandarin berdasarkan jumlah pengguna. Imagine, if you can speak English well, you are able to speak with about two billion people in the world. Artinya bahwa kalau kita bisa berbicara bahasa inggris dengan baik maka kita bisa berbicara dengan hampir dua milliar orang di seluruh dunia. Ini sangat potensial sekali. Lalu saya bertanya kenapa orang enggan mempelajarinya? Apakah sulit untuk dipahami? Tidak ada gunanya untuk dipelajari? Atau bahasa yang tidak penting?

Sekelompok orang mengatakan, “Ah g usah dipelajari toh kamu g bakalan keluar negeri juga.” Memang statement ini sedikit masuk akal, tapi menurut saya ini adalah kesalahan besar bagi kebanyakan orang. Bahasa inggris adalah bahasa yang penting dan sangat bermanfaat bagi yang mempelajari. Kalau Anda ingin tahu mari saya akan demonstrasikan.

Dalam kehidupan kita sehari-hari saja secara sadar atau tidak kita sering sekali menggunakan kata-kata dalam bahasa Indonesia yang di adopsi dari bahasa Inggris. Misalnya hallo berasal dari kata hello, complain, oke, sorry, thanks, rekomendasi, imitasi, regulasi, dan masih banyak lagi.

Sekarang saya gambarkan bagaimana bahasa Inggris itu sudah didepan mata kita semua. Coba saja Anda pergi ke pom bansin dan Anda akan menemukan tulisan “No smoking.” Anda membeli tv, kulkas, handphone, mesin cuci, kipas angin maka Anda akan menemukan tulisan brosur dan buku panduannya dalam bahasa Inggris. Anda sedang membrowsing internet, menonton acara televisi seperti Motogp, F1, World Cup, dan Olimpiade semuanya di sajikan dalam bahasa Inggris.

Saya sendiri sudah merasakannya. Saya sendiri sangat hobi mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris. Seperti Michael Jackson, Maroon 5, Linkin Park. Kalau acara televisi saya paling suka Motogp, F1, World Cup. Saya juga binggung kenapa saya menyukai acara dan musik buatan orang non Indonesia. Malahan saya kuranga suka apa acara atau musik yang dtampilkan oleh orang Indonesia. Mulai dari situ saya berpikir mungkin saya sudah mulai menyukai bahasa Inggris. Tapi alangkah sulitnya kalau kita tidak paham bahasa tersebut. Waktu demi waktu saya terus mempelajarinya dan akhirnya saya pun paham. Akhirnya menjadi kebiasaan saya sehari hari menyaksikan berita dan musik dalam bahasa Inggris.

Itu hanya sedikit yang telah kita lihat dan kita rasakan bersama. Itu mengindikasikan bahasa Inggris tersebut telah menjalar dan menghantui kita kemanapun kita berada. Seorang teman saya pernah bila, “Orang bule aja g belajar bahasa Indonesia kenapa kita harus repot-repot belajar bahasa mereka. Kenapa g bahasa Indonesia aja yang dijadikan bahasa Internasional.” Ketika saya mendengar pernyataan dia, saya pun tertawa terbahak-bahak. “Kamu ini ada-ada saja teman. Kamu memang manusia paling lucu didunia. . .Laughter”, saya tertawa tak terhingga.

Bahasa Inggris telah menjadi tantangan yang harus kita hadapi bersama. Kita tidak boleh berdiam diri. Kita harus bangkit dan mau mempelajarinya. Bahwa kalau kita menghindarinya maka kita akan katro (ketinggalan zaman) dan kita akan selalu menjadi bangsa yang tertinggal dari negara lain.

Saya sendiri masih dalam proses mempelajarinya. Walaupun sedikit-sedik saya sudah agak paham. Saya berharap suatu saat nanti bahasa Inggris saya lancar dan fasih kayak orang bule asli (ci’eh gaya banget ni gue. . 8. Tongue Out ).

Dunia kita ini sudah semakin global, yang artinya tidak ada lagi batas-batasan dalam berbahasa sehingga dibutuhkanlah suatu instrumen pemersatu dunia.

Kita hidup di planet bumi dengan terdiri dari berbagai negara, bersuku-suku, bermacam-macam etnik, budaya, ras, agama dan dialek. Keberagaman seperti ini sangat lah sulit apabila tidak ditemukan solusi atau pemecahan masalah bagaimana caranya agar perbedaan yang sangat bervariasi tersebut dapat bersatu terutama dalam berkomunikasi. Nah bahasa Inggris itulah solusinya. Bahasa Inggris telah dijadikan sebagai bahasa Internasional, bahasa pemersatu negara-negara didunia, dan telah mendapat pengakuan resmi setidaknya di 80 negara didunia.

Ketika kita mampu berbicara dengan berbagai suku-suku didunia dengan menggunakan bahasa Inggris, otomatis akan timbul keselarasan dalam kehidupan.
Banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan apabila Anda dapat berbahasa Inggris.
a. Anda bisa berkomunikasi lebih dari dua miliar penduduk dunia seperti pernyataan diatas.
b. Anda bisa memiliki banyak teman diseluruh dunia. Tidak hanya diIndonesia. Seperti ketika Anda berkomunikasi secara maya di internet.
c. Anda dapat berpergian keseluruh dunia kemana pun Anda mau hanya bermodalkan bahasa Inggris.
d. Anda akan dapat penghasilan lebih besar.
e. Wawasan Anda akan luas.

Bagaimanakah cara belajar bahasa Inggris yang benar dan efektif? Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk belajar bahasa Inggris. Saya akan sedikit berikan tipsnya disini.

1. Anda harus mencinti dulu bahasa tersebut. Anda harus percaya 100% saya bisa berbahasa Inggris yang baik dan benar dikemudian hari.
2. Anda harus bertanya dulu pada diri Anda sendiri untuk apa saya mempelajarinya. Jawaban dari pertanyaan tersebut sangatlah penting. Apabila Anda menjawabnya hanya untuk iseng-iseng, maka hasilnya pun akan iseng-iseng pula. Tapi apabila jawaban Anda belajar dengan sungguh-sungguh, maka hasilnya pun akan maksimal
3. Luangkanlah waktu Anda mungkin sekitar 2 atau 3 jam setiap hari secara rutin. Itu lebih efisien dari pada belajar sekali sehari semalam tapi hanya tiap bulan.
4. Perbanyaklah latihan soal.
5. Gunakan sesering mungkin ketika Anda berkomunikasi.
6. Jangan takut salah. Teruslah berlatih
7. Belilah buku yang berisi tentang bahasa Inggris.
8. Kalau Anda ingin kursus silahkan belajar mengikuti kelas tersebut tapi kalau mau gratis Anda bisa mencari materinya di internet. Contohnya www.englishclub.com. http://swarabhaskara.com . khusus untuk belajar listening ini situs yang pas untuk begginer atau pemula www.voanews.com kalau sudah mantap Anda bisa naik level atau mengunjungi situs ini www.bbc.co.uk.

Marilah kita bersama-sama mempelajarinya. Bukan berarti kita tidak mencintai bahasa persatuan kita yaitu behasa Indonesia. Justru dengan mempelajarinya kan kita bisa punya dua bahasa. Apalagi kalau udah bisa dan fasih bahasa inggrisnya. Mau pake bahasa Inggris no problem apalagi bahasa Indonesia.

Semoga berhasil.

No comments:

Post a Comment

 

Blogger news