Pages

Labels

My image

My image

About

Google Translate

Labels

Labels

back flip Pictures, Images and Photos
Powered by Blogger.

Followers

Search This Blog

May 02, 2011

Milikilah Target Dalam Hidup Anda

Apakah Anda memiliki target dalam hidup ini?



Add caption
Saya yakin dan percaya bahwa semua orang pasti memiliki tujuan dan keinginan dalam hidup ini. Sudah barang tentu bahwa keinginan dan tujuan setiap orang tentu saja berbeda-beda. Dan untuk mencapainya kita membutuhkan yang namanya target. Target itu sendiri dapat kita jadikan sebagai patokan atau pondasi dalam membangun dan mencapai sasaran yang kita inginkan.

Saya akan mengilustrasikan "target" sebagai sebuah kapal. Sebuah kapal yang sedang mengarungi samudra tentu saja memiliki tujuan kemana kapal itu akan berlabuh. Misalnya sebuah kapal akan melakukan perjalanan dari pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta dan akan menuju Ternate. Berarti kapal ini memiiki tujuan perjalanan ke Ternate. Tapi bagaimana jadinya apabila kapal tersebut tidak memiliki tujuan ketika kapal itu hendak berlayar? Kapal itu tidak akan pernah sampai pada tujuannya dan hanya terombang ambing ditengah samudra yang luas. 

Nah seperti itu pula lah manusia jika ia tidak memiliki tujuan dalam hidup ini. Detik demi detik yang ia lalui hanya untuk melakukan hal hal yang tak berguna. Tidak pernah tahu apa yang mesti ia lakukan. Oleh karena itu setiap orang harus memiliki tujuan dalam hidup ini. 

Mengenai tujuan dan sasaran, saya lebih menekankan pada cara mencapai tujuan itu yaitu "Target" atau Goal. Sudahkah Anda memiliki goal atau target dalam hidup Anda?

Saya akan memberikan sedikit tips menyusun target secara efektif : 
Metode yang saya gunakan adalah SMART :

          1. S = Specific
          Setiap target yang ingin Anda buat hendaknya specific mungkin    sehingga Anda mundah untuk mencapainya. Misalkan Anda memiliki keinginan untuk membeli sebuah mobil. Lebih baik lagi jika Anda menuliskan merk mobil tersebut. Jika Anda hanya menyebutkan mobilnya tanpa menyebutkan merknya, maka target Anda kurang specific. Maka dari itu buatlah specific mungkin.


          2. M = Measurable
          Artinya bahwa terget yang Anda buat hendaknya dapat diukur dengan kondisi Anda baik itu kondisi finansial, usia, pekerjaan dan lain-lain. Misalkan Anda ingin memiliki penghasilan US$ 250.000 dalam 1 tahun tapi Anda hanya seorang pegawai negeri. Hal ini justru bertentangan dengan kondisi keuangan Anda. Maka dari itu hendaknya membuat target yang dapat diukur sesuai dengan kemampuan Anda saat ini. Namun ketika Anda merasa dapat mencapai lebih, maka tingkatkan kesulitan dalam mencapainya.


          3. A = Achievable
          Artinya bahwa target Anda dapat diterima atau masuk akal. Misalnya Anda berkeinginan memiliki sebuah rumah mewah dan Anda yakin dapat memiliki rumah itu sesuai dengan kemampuan Anda. Janganlah Anda membuat target yang tidak masuk akal misalnya Anda memiliki keinginan untuk melakukan perjalanan kebulan. Memang itu tidak mustahil, tapi Anda membutuhkan biaya yang mahal untuk bisa kesana. 


          4. R = Relevant
          Anda harus relevan dalam menyusun target Anda agar target yang Anda susun tidak melenceng dari sasaran.


          5. T = Time
          Buatah waktu ketika Anda menyusun target atau dapat kita artikan sebagai deadline (batas waktu). Ini sangat membantu dalam pencapaian target Anda. Jika saja Anda tidak membuat batas waktu tersebut, maka Anda tidak pernah tahu kapan target yang Anda susun tersebut seharusnya tercapai. 


Ya itulah sedikit tips dalam membuat target. Meskipun sederhana mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda yang membacanya. Milikilah target Anda sekarang juga dan hidup Anda akan berubah. Salah satu hal yang membedakan antara orang yang sukses dan gagal adalah apakah orang itu memiliki tujuan hidup atau tidak. Orang sukses bertindak karena mereka memiliki tujuan dan orang gagal tidak akan pernah bertindak karena mereka tidak tahu apa yang mesti dicapai dalam hidup ini. Milikilah target dalam hidup Anda insya allah hidup Anda akan berubah dan perhatikan hasilnya. 



     Sincerely



Jummar Syamdani
 



1 comment:

  1. Yup,absolutely!!!
    We must make a plan and effort to reach the purposes in our life but the main is to get both of save in this world and next because we just as human and Allah S.W.T who has planned all of it. I believe that Allah S.W.T always keep us and change our life.As much as He has arranged a miracle in our life.We must prepare our self if someday Allah give a surprise in our life..!!!
    best wish
    susan

    ReplyDelete

 

Blogger news